Pelaksanaan Seminar Diseminasi Dosen Keperawatan Malang

Acara Seminar Diseminasi Disertasi Dyah Widodo, S.Kp., M.Kes dengan judul “Pengaruh Terapi Hortikultura Terhadap Perubahan Respon Stres Melalui Serotonin Otak Pada Manusia Dalam Kajian Insiko dan Empiris” diselenggarakan pada hari senin, 8 Juli 2019, bertempat di Gedung Pascasarjana,Universitas Brawijaya. Pembukaan acara diawali dengan sambutan oleh Bapak Prof. Dr. Ir. Gatot Ciptadi, DESS, IPU. selaku Ketua Program Doktor Ilmu Lingkungan (PDIL).

Seminar Diseminasi Disertasi dihadiri oleh Promotor Prof. Dr. dr. Edi Widjajanto, MS., SpPK (K), Co Promotor Prof. Dr. Ir. Tatik Wardiyati, MS, Direktur Poltekkes Kemenkes Malang Budi Susatia., SKp., M.Kes, Balitjestro Kota Batu Dr. Ir. Anang Tri Wiratno, MP, Sekretaris Jurusan Keperawatan beserta dosen, keluarga dan tamu undangan lainnya.

Dalam acara tersebut Promotor Prof. Dr. dr. Edi Widjajanto, MS., SpPK (K) menyampaikan harapannya mengenai penelitian Dyah Widodo dapat memunculkan produk pemikiran baru, menstimulus para dosen untuk membuat penelitian lanjutan dan motivasi bagi peserta untuk studi lanjut.

Co Promotor Prof. Dr. Ir. Tatik Wardiyati, MS menuturkan tanaman holtikultura memiliki banyak manfaat. Selain sebagai tanaman hias, tanaman ini juga memiliki aura terapi. “Di luar negeri sudah berkembang pesat untuk pengobatan stress/kejiwaan karena dengan melihat, menghirup dan memegang tanaman akan mempunyai pengaruh terhadap kejiwaan,” ucapnya.

Direktur Poltekkes Kemenkes Malang Budi Susatia., SKp, M.Kes berharap penelitian ini juga dapat meningkatkan kerjasama antara Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang dengan Rumah Sakit Jiwa Lawang terkait terapi tanaman holtikultura terhadap stress/kejiwaan dan Rencana pengembangan pendidikan melalui kerjasama desa binaan.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Humas, Sub Bagian Kepegawaian dan Umum, Poltekkes Kemenkes Malang. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui alamat email humas.polkesma@gmail.com