Sosialiasi Rekrutmen Tenaga Kesehatan ke Luar Negeri bersama Pusrengun dan BNP2TKI

Poltekkes Kemenkes Malang mengadakan kegiatan Sosialisasi Rekrutmen Calon Pekerja Migran Indonesia di Gedung Auditorium, Kamis (4/4).

Kegiatan sosialisasi rekrutmen pendaftarancalon kandidat pekerja migran Indonesia (PMI) nurse (kangoshi) dan careworker (kaigofukushisi) program G to G ke Jepang batch XIII tahun 2020 menghadirkan pembicara dari Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan SDM Badan PPSDM Kesehatan dan Direktorat Pelayanan Penempatan Pemerintah, BNP2TKI.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Wakil Direktur III, Ganif Djuwadi. Dalam sambutannya Ganif menyampaikan sosialisasi ini membahas tentang kebijakan pendayagunaan tenaga kesehatan ke luar negeri dan program penempatan perawat ke Jepang dalam kerangka IJEPA. Poltekkes Kemenkes Malang sendiri menjadi pilot project pembukaan program studi caregiver dan rintisan kelas Internasional. Sosialisasi ini diharapkan bisa memberikan pandangan bagi institusi dalam persiapan pembukaan program studi caregiver dan rintisan kelas Internasional.

“Tentunya juga menjadi bahan untuk persiapan pembukaan program studi.” ucap Ganif

Acara sosialisasi kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber. Materi pertama tentang Strategi Kemenkes dalam Penyiapan Supplay Tenaga Kesehatan Menghadapi Pasar Kerja Internasional disampaikan oleh Lita Dwi Astari, STP, M.Si. Materi kedua disampaikan oleh kasie Kerjasama Daerah Direktorat Penempatan Pelayanan Pemerintah BNP2TKI Didit Kurniawan, S.Si dengan materi Program Penempatan PMI Nurse dan Careworker ke Jepang dalam Kerangka IJEPA.

IJEPA (Indonesia Japan Economic Partnership Agreement) merupakan kerjasama Indonesia-Jepang yang dimulai tahun 2007. Dalam hal rekrutmen tenaga kesehatan, BNP2TKI bekerjasama dengan Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan SDM Kesehatan untuk rekrutmen tenaga kesehatan dengan penempatan luar negeri. Rekrutmen penempatan pekerja migran Indonesia (PMI) ke Jepang untuk nurse dan careworker dalam kerangka IJEPA Batch XII berakhir tanggal 31 Mei 2019 untuk pendaftaran dan verifikasi.

Pusrengun SDM Kesehatan selaku regulator berharap bisa mendorong lulusan untuk mengambil kesempatan bekerja di luar negeri melalui mekanisme G to G agar lebih terjamin.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Humas, Sub Bagian Kepegawaian dan Umum, Poltekkes Kemenkes Malang. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui alamat email humas.polkesma@gmail.com