Peluncuran Buku PMI Pertama Kali di Poltekkes Kemenkes Malang

Poltekkes Kemenkes Malang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) mengadakan Sosialisasi Buku Pedoman Pertolongan Pertama Palang Merah Indonesia, kemarin (23/4). Ini merupakan peluncuran pertama kali buku Pedoman Pertolongan Pertama. Pemilihan Kota Malang sendiri sebagai tempat peluncuran buku pertama kali karena Malang dianggap sebagai salah satu daerah yang berkontribusi banyak dalam penyusunan buku tersebut.

Berlangsung di Gedung Auditorium Poltekkes Kemenkes Malang, acara sosialisasi buku pedoman pertolongan pertama Palang Merah Indonesia dibuka secara resmi oleh pengurus PMI Jawa Timur, Profesor Rohiman.

Sosialisasi buku pedoman pertolongan pertama Palang Merah Indonesia dihadiri oleh 60 orang dari berbagai instansi dan perwakilan PMI. Perwakilan para penulis dari PMI pusat, PMI DKI Jakarta, PMI Jawa Tengah, PMI Jawa Timur, PMI Bali dan Rumah Sakit PMI Bogor.

Buku pedoman pertolongan pertama Palang Merah Indonesia ditujukan bagi seluruh lapisan masyarakat, tenaga kesehatan, pelaku pertolongan pertama dan tenaga profesional. PMI berharap dengan adanya buku ini dapat memberikan ilmu bagi setiap orang untuk selalu siap menjadi penolong dan penyelamat jiwa, karena kegawatdaruratan bisa terjadi dimana dan kapan saja.

Setyo Harsoyo mewakili Direktur mengucapkan terima kasih kepada PMI yang memilih Poltekkes Kemenkes Malang sebagai lokasi pertama untuk sosialisasi buku Pedoman Pertolongan Pertama Palang Merah Indonesia. Dalam sambutannya, Setyo Harsoyo berharap sosialisasi buku pedoman ini dapat dilakukan ke seluruh lapisan masyarakat hingga tingkat kelurahan atau bahkan RW. Penyusunan buku ini juga diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Poltekkes Kemenkes Malang memiliki salah satu program studi yang berkaitan erat dengan PMI yaitu program studi DIII Teknologi Bank Darah. Dengan ada program studi ini, Setyo berharap para lulusan nanti bisa membantu PMI untuk kompetensi dalam bidang transfusi.

“Mudah-mudahan bedah buku ini dapat menjadi transfer ilmu antara institusi pendidikan dan praktisi khususnya PMI,” ucap Setyo Harsoyo mengakhiri sambutannya.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Humas, Sub Bagian Kepegawaian dan Umum, Poltekkes Kemenkes Malang. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui alamat email humas.polkesma@gmail.com